Konfigurasi Hotspot MikroTik

Assalamualaikum.wr.wb. Salam Sejahtera untuk anda semua. Oke pada kesempatan kali ini saya akan mensharing ilmu saya tentang MiktoTik, jika postingan sebelumnya tentang Menghubungkan MikroTik Ke Internet tapi pada kesempatan kali ini tentang Konfigurasi Hotspot di MikroTik.



Hotspot adalah area dimana seorang client dapat terhubung dengan jaringan internet secara nirkabel atau menggunakan kabel dari PC, note book atau gadget lainnya.

Hotspot adalah sebuah titik yang memancarkan koneksi jaringan / internet melalui frekuensi tertentu yang apabila ditangkap oleh perangkat penerima pada sebuah komputer akan memungkinkan komputer tersebut terhubungkan ke jaringan / internet. Hotspot biasanya dipancarkan oleh sebuah perangkat Wifi (Wireless Fidelity) yang dapat digunakan secara efektif pada radius tertentu dari perangkat tersebut.

Okey langsung aja kita konfig cara membuat hostpot pada mikrotik.

1. Pastikan MikroTik anda sudah terhubung dengan Internet, jika belum silahkan dikonfig terlebih dahulu Lihat Disini Cara Mengkoneksikan Mikrotik Ke Internet

2. Masuk menu IP>Hotspot>Hotspot Setup


3. Kemudian pilih ether yang terhubung dari PC anda ke MikroTik. Dan pastikan anda sudah memberikan ip address pada ether tersebut.


4. Local Address Of Network langsung di next aja.


5. Address Pool Of Network langsung di next lagi aja.


6. Select Certificate pilih none kemudian next lagi


7. IP Address Of SMTP Server langsung di next lagi aja.


8. DNS Servers otomatis 8.8.8.8 karena ini adalah DNS Google


9. DNS Name masukan domain anda, DNS Name ini berfungsi sebagai identitas Hotspot anda jika dibuka di browser, kalo saya gak pake DNS Name tapi pake IP supaya gaada yang ngakses :v


10. Kemudian buka browser dan coba buka facebook.com apakah bisa? Pasti nya gabisa karena sudah di Hotspot, untuk itu harus login terlebih dahulu.


11. Kemudian login Hotspot nya masukan DNS Name dan buka pada browser, disini saya menggunakan IP. Untuk default login nya adalah.
Login : admin
password:



12. Kemudian coba browsing pasti sudah bisa :D


Thanks You :)

0 Response to "Konfigurasi Hotspot MikroTik"

Post a Comment

b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>