Konfigurasi MNDP MikroTik (MikroTik Neighbors Discovery Protocol)

Good afternoon.. Apa kabar mas bro? Semoga sehat yah. Sudah lama sekali ane tidak post yah maafin lagi sibuk bangat karena sebentar lagi UKOM. Okey kalo post sebelumnya tentang Konfigurasi PPTP MikroTik yaitu tentang Tunnel. Sekarang kita akan membahas tentang MNDP, mau tau oke lets go.



Merupakan layer 2 broadcast domain yang mengijinkan perangkat yang support MNDP atau CDP untuk saling "menemukan". Contoh paling sederhana ketika kita scan winbox untuk meremote router. Dengan melakukan scan, akan muncul informasi mac address, identity, dan ip address router. Sehingga pada saat MNDP ini berjalan, user yang berada dalam jaringan router bisa dengan mudah menemukan router, dan mengetahui beberapa informasi router.

Biasanya jika ente akan mengakses Mikrotik menggunakan winbox, maka otomatis akan ke-scan MacAddress dan juga IP Address sehingga siapapun orang yang terhubung pada jaringan yang sama akan bisa mengakses MikroTik ente. Caranya gimana agar MacAddress dan IP Address nya tidak bisa discan secara otomatis? Maka itulah ada yang namanya MNDP untuk melindungi MikroTik ente dari serangan luar.

Gimana cara konfigurasinya? gampang kok hehe.

1. Pertama kita Scan terlebih dahulu dan login ke MikroTik.

2. Disini ane menggunakan interface Ether2 yang terhubung ke Laptop

3. Masuk menu IP > Neighbors 
Neighbors disitu sudah ada Mac-Address, IP Address beserta interface yang sedang mengakses Winbox.

4. Klim menu Discovery Interfaces dan kemudian disable interface yang digunakan untuk mengakses Winbox ( Disini ane menggunakan Ether2 )

#Sebelum
#Sesudah

5. Kemudian scan kembali menggunakn winbox apakah terscan Mac-Address dan IP Addessnya? Pastinya tidak kenapa, karena kita sudah disable interfacenya dengan menggunakan MNDP.

6. Walaupun tidak terscan Mac-Address dan IP Address nya akan tetapi masih tetap bisa mengakses winbox.

Cukup sekian materi tentang MNDP sampai ketemu dipost selanjutnya :)
Thanks :)

0 Response to "Konfigurasi MNDP MikroTik (MikroTik Neighbors Discovery Protocol)"

Post a Comment

b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>