Kejanggalan Seorang Muslim Karena Rokok

Assalamualaikum...

Pagi yang cerah.. Awal pagi ini saya melihat sebuah video yang amat sangat mengesankan buat saya, karena video ini memberikan sebuah pesan atau amanat bagi saya. Video ini saya dapatkan dari Guru besar saya Ni'mah Daulae. Cerita ini menceritakan tentang orang-orang yang merokok.

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

Jikalau dilihat dari pengertian diatas sudah pasti merokok tidak menyehatkan. Apa fungsi rokok? Jujur saya pun seorang perokok, saya pun bingung gimana cara untuk menghentikan rasa kecanduan yang saya rasakan, guru saya pun bilang "Jika ingin menghilangkan kecanduan rokok cobalah disaat kamu ingin membeli rokok kamu tahan uang mu itu kemudian kmu amalkan atau kamu infaqan". Divideo tersubut disebutkan merekok dapat menyebakan kanker, hipotensi, dan gangguan kehamilan, tapi kenapa rokok itu masih dibeli. Alasan pembeli termasuk saya yaitu sudah terbiasa dengan rasa candu dari rokok tersebut. Memang uang untuk rokok lebih baik kita infaqan atau kita tabung untuk keperluan yang lebih baik. Kita merekok 1 bulan 40 ribu dan jikalau 1 tahun 3.600 ribu, tentu bukan uang yang sedikit bukan. Divideo ini dijelaskan rokok dibuat hanya orang-orang yang tidak bisa membaca, tentunya kita orang-orang yang bisa membaca tau kalau rokok itu memang sesuatu yang negatif dan kurang baik bagi kesehatan.

Dalam hadist-hadist islam pun dikatakan :

“Dan Janganlah kalian menjerumuskan diri kalian dengan tangan kalian sendiri ke dalam jurang kerusakan.” (QS. Al Baqarah (2): 195)
“Dan Janganlah kalian membunuh diri kalian sendiri ..” (QS. An Nisa (4): 29)
“Di antara baiknya Islam seseorang adalah ia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.” (HR. Imam At Tirmidzi, ia berkata ‘hasan’. Bulughul Maram, Bab Az Zuhd wal Wara’, hal. 277, hadits no. 1287. Darul Kutub al Islamiyah)

Harapan saya kedepannya saya ingin berhenti merokok sedikit-sedikit. Dan saya berharap jangan hanya saya yang ingin berhenti tapi anda semua para perokok yang membaca artikel saya ini.

Sebelum itu silakan tonton videonya disini.


Wasalamualaikum..

0 Response to "Kejanggalan Seorang Muslim Karena Rokok"

Post a Comment

b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>